Selasa, 21 November 2023

Dabbat Al-Ard: Makhluk Misterius yang Akan Muncul di Akhir Zaman

Dalam eskatologi Islam, ada banyak tanda-tanda yang akan terjadi sebelum datangnya hari kiamat. Salah satu tanda yang paling menarik dan misterius adalah kemunculan Dabbat Al-Ard, yang berarti binatang atau hewan buas yang muncul dari perut bumi. Dabbat Al-Ard disebutkan dalam Al Quran dan hadits sebagai salah satu makhluk yang akan berbicara kepada manusia dan memberi tanda pada wajah mereka. Namun, bagaimana bentuk, sifat, dan tujuan Dabbat Al-Ard sebenarnya? Apa hubungannya dengan tongkat Nabi Musa dan cincin Nabi Sulaiman? Dan kapan dan di mana Dabbat Al-Ard akan muncul? Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang Dabbat Al-Ard yang perlu Anda ketahui.

Dabbat Al-Ard disebutkan dalam Al Quran surah An-Naml ayat 82
Ayat ini adalah satu-satunya ayat dalam Al Quran yang secara eksplisit menyebutkan Dabbat Al-Ard. Ayat ini berbunyi:
وَإِذَا وَقَعَ الْقَوْلُ عَلَيْهِمْ أَخْرَجْنَا لَهُمْ دَابَّةً مِنَ الْأَرْضِ تُكَلِّمُهُمْ أَنَّ النَّاسَ كَانُوا بِآيَاتِنَا لَا يُوقِنُونَ
(Dan apabila telah datang keputusan (Allah) terhadap mereka, Kami keluarkan bagi mereka seekor binatang dari bumi yang akan berkata-kata kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami.)
Dari ayat ini, kita dapat mengetahui beberapa hal tentang Dabbat Al-Ard, yaitu:
  • Dabbat Al-Ard akan muncul ketika telah datang keputusan Allah terhadap manusia, yaitu ketika hari kiamat sudah dekat.
  • Dabbat Al-Ard berasal dari bumi, bukan dari langit atau tempat lain.
  • Dabbat Al-Ard memiliki kemampuan berbicara dan akan menyampaikan pesan Allah kepada manusia.
  • Dabbat Al-Ard akan menegur manusia yang tidak yakin kepada ayat-ayat Allah, yaitu orang-orang yang kafir dan munafik.
Dabbat Al-Ard akan membawa tongkat Nabi Musa dan cincin Nabi Sulaiman
Selain disebutkan dalam Al Quran, Dabbat Al-Ard juga disebutkan dalam beberapa hadits yang diriwayatkan oleh para sahabat Nabi Muhammad. Salah satu hadits yang paling terkenal adalah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, yang berbunyi:
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ‏"‏ تَخْرُجُ دَابَّةٌ لَهَا عَصَا مُوسَى وَخَاتَمُ سُلَيْمَانَ تَضْرِبُ بِعَصَاهَا أَنْفَ الْكَافِرِ فَيَسْوَدُّ وَتَمْسَحُ وَجْهَ الْمُؤْمِنِ بِخَاتَمِهَا فَيَبْيَضُّ ‏"‏
(Dari Abu Hurairah, ia berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Akan keluar binatang yang membawa tongkat Musa dan cincin Sulaiman. Ia akan memukul hidung orang kafir dengan tongkatnya sehingga menjadi hitam dan akan mengusap wajah orang mukmin dengan cincinnya sehingga menjadi putih.”)
Dari hadits ini, kita dapat mengetahui beberapa hal tentang Dabbat Al-Ard, yaitu:

  • Dabbat Al-Ard akan membawa dua benda bersejarah yang pernah dimiliki oleh dua nabi besar, yaitu tongkat Musa dan cincin Sulaiman. Tongkat Musa adalah tongkat yang pernah digunakan oleh Nabi Musa untuk membelah laut, mengeluarkan air dari batu, dan mengalahkan tukang sihir Fir’aun. Cincin Sulaiman adalah cincin yang pernah digunakan oleh Nabi Sulaiman untuk menguasai angin, jin, binatang, dan tumbuhan.
  • Dabbat Al-Ard akan memberikan tanda pada wajah manusia dengan menggunakan tongkat dan cincin tersebut. Tanda ini akan membedakan antara orang mukmin dan orang kafir. Orang mukmin akan mendapatkan tanda berupa keputihan di wajahnya, sedangkan orang kafir akan mendapatkan tanda berupa kehitaman di hidungnya.
Dabbat Al-Ard akan muncul di kota Mekah setelah matahari terbit dari barat
Selain membawa tongkat dan cincin, Dabbat Al-Ard juga memiliki waktu dan tempat kemunculannya yang spesifik. Menurut beberapa riwayat, Dabbat Al-Ard akan muncul di kota Mekah, tepatnya di antara bukit Shafa dan Marwa, setelah matahari terbit dari barat. Matahari terbit dari barat adalah salah satu tanda besar hari kiamat yang akan menutup pintu taubat bagi manusia. Berikut adalah salah satu riwayat yang menyebutkan hal ini:
عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو، قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ‏"‏ إِذَا طَلَعَتِ الشَّمْسُ مِنْ مَغْرِبِهَا تَبَارَكَ اللَّهُ تَعَالَى يَوْمَئِذٍ لاَ يَنْفَعُ نَفْسًا إِيمَانُهَا لَمْ تَكُنْ آمَنَتْ مِنْ قَبْلُ أَوْ كَسَبَتْ فِي إِيمَانِهَا خَيْرًا فَإِذَا طَلَعَتْ تَخْرُجُ دَابَّةٌ مِنَ الْأَرْضِ تَكَلَّمُ النَّاسَ تَقُولُ أَنَّ النَّاسَ كَانُوا بِآيَاتِ رَبِّهِمْ لاَ يُوقِنُونَ ‏"‏
(Dari Abdullah bin Amr, ia berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Apabila matahari terbit dari barat, maka Maha Suci Allah Ta’ala, pada hari itu tidak bermanfaat bagi seseorang keimanan yang belum ia miliki sebelumnya atau ia mendapatkan kebaikan dalam keimanannya. Apabila matahari itu terbit, maka keluarlah binatang dari bumi yang berbicara kepada manusia. Ia berkata: Sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Rabb mereka.”)
Dabbat Al-Ard memiliki bentuk yang aneh dan tidak biasa
Meskipun Dabbat Al-Ard disebut sebagai binatang atau hewan, namun bentuknya tidak seperti hewan-hewan yang biasa kita lihat. Dabbat Al-Ard memiliki bentuk yang aneh dan tidak biasa, yang sulit untuk digambarkan. Beberapa riwayat menyebutkan bahwa Dabbat Al-Ard memiliki beberapa ciri-ciri, seperti:

  • Dabbat Al-Ard memiliki kepala seperti kepala unta, badan seperti badan lembu, ekor seperti ekor kambing, dan kaki seperti kaki gajah.
  • Dabbat Al-Ard memiliki bulu yang panjang dan lebat, yang menutupi seluruh tubuhnya.
  • Dabbat Al-Ard memiliki mata yang besar dan bercahaya, yang dapat melihat jauh dan dekat.
  • Dabbat Al-Ard memiliki suara yang lantang dan nyaring, yang dapat didengar oleh semua manusia di muka bumi.
Dari ciri-ciri ini, kita dapat menyimpulkan bahwa Dabbat Al-Ard adalah makhluk yang luar biasa dan menakjubkan, yang diciptakan oleh Allah dengan kekuasaan dan hikmah-Nya.

Dabbat Al-Ard adalah salah satu mukjizat Allah yang akan membuktikan kebenaran Islam

Tujuan utama dari kemunculan Dabbat Al-Ard adalah untuk memberikan bukti dan kesaksian kepada manusia tentang kebenaran Islam dan keesaan Allah. Dabbat Al-Ard akan menunjukkan kepada manusia bahwa ayat-ayat Allah adalah benar dan tidak ada yang dapat menolaknya.


Dabbat Al-Ard juga akan menunjukkan kepada manusia bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah yang terakhir dan tidak ada nabi setelahnya. Dabbat Al-Ard akan mengucapkan kalimat syahadat dan mengajak manusia untuk beriman kepada Allah dan Rasul-Nya. Berikut adalah salah satu riwayat yang menyebutkan hal ini:
عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ، قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ‏"‏ تَخْرُجُ دَابَّةٌ مِنَ الْأَرْضِ فَتَمُرُّ بِالنَّاسِ فَتَقُولُ هَذَا كَافِرٌ وَهَذَا مُؤْمِنٌ وَتَكْتُبُ عَلَى أَنْفِ الْكَافِرِ كَافِرٌ وَعَلَى جَبْهَةِ الْمُؤْمِنِ مُؤْمِنٌ وَتَقُولُ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ ‏"‏
(Dari Abdullah bin Umar, ia berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Akan keluar binatang dari bumi yang akan melewati manusia. Ia akan berkata: Ini kafir dan ini mukmin. Ia akan menulis di hidung orang kafir kafir dan di dahi orang mukmin mukmin. Ia akan berkata: Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah selain Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah.”)
Dari riwayat ini, kita dapat mengetahui beberapa hal tentang Dabbat Al-Ard, yaitu:
  • Dabbat Al-Ard akan mengenal dan membedakan antara orang mukmin dan orang kafir dengan ilmu yang diberikan oleh Allah.
  • Dabbat Al-Ard akan menulis dan memberikan tanda pada wajah manusia dengan menggunakan tongkat dan cincin yang dibawanya.
  • Dabbat Al-Ard akan mengucapkan kalimat syahadat dan mengajak manusia untuk beriman kepada Allah dan Rasul-Nya.
Demikianlah artikel yang saya buat tentang Dabbat Al-Ard menurut Al Quran dan hadits. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda tentang salah satu tanda akhir zaman yang akan terjadi. Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca artikel ini. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sumber:
  • Al Quran surah An-Naml ayat 82
  • Hadits riwayat Abu Hurairah dalam Sunan Abu Dawud nomor 4324
  • Hadits riwayat Abdullah bin Amr dalam Sunan Ibn Majah nomor 4055
  • Hadits riwayat Abdullah bin Umar dalam Sunan Al-Tirmidzi nomor 2183
  • Artikel “Dabbat Al-Ard: The Beast of the Earth” dari website IslamReligion.com
  • Artikel “Dabbat Al-Ard: The Mysterious Creature of the End Times” dari website IslamicFinder.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar