Sabtu, 11 November 2023

MAD GASSER OF MATTOON: MISTERI ORANG YANG MEMBUAT WARGA KOTA TERSERANG GAS BERACUN

Pada tahun 1944, sebuah fenomena aneh terjadi di kota kecil Mattoon, Illinois, Amerika Serikat. Seorang pria misterius yang dikenal sebagai Mad Gasser of Mattoon (Orang Gila yang Membuang Gas di Mattoon) mulai menyerang rumah-rumah warga dengan gas beracun yang membuat mereka pingsan, mual, lemas, dan sesak napas. Siapa sebenarnya orang ini dan apa motifnya?

Serangan Pertama
Serangan pertama terjadi pada malam tanggal 31 Agustus 1944, ketika seorang wanita bernama Aline Kearney mendengar suara anjingnya menggonggong di luar rumahnya. Dia melihat seorang pria berdiri di dekat pintu belakangnya dengan sesuatu yang mirip pistol atau alat semprot di tangannya. Dia berteriak meminta suaminya, Urban, yang sedang tidur di kamar, untuk datang membantunya. Namun, sebelum Urban sempat bangun, dia merasakan bau yang aneh dan menyengat di hidungnya. Dia merasa lemas dan tidak bisa bergerak. Aline juga merasakan hal yang sama dan segera pingsan.

Urban berhasil membangunkan dirinya dan menelpon polisi. Ketika polisi datang, mereka tidak menemukan jejak si pria misterius atau gas beracun yang digunakannya. Mereka hanya menemukan bekas tapak kaki di tanah di belakang rumah Kearney. Urban dan Aline dibawa ke rumah sakit dan diperiksa oleh dokter. Dokter tidak menemukan tanda-tanda keracunan atau luka pada tubuh mereka. Mereka hanya mengalami gejala-gejala seperti pusing, mual, dan sesak napas yang hilang setelah beberapa jam.

Serangan Berikutnya
Serangan pertama ini segera menjadi berita utama di koran lokal. Banyak warga yang merasa ketakutan dan curiga dengan orang-orang asing yang masuk ke kota mereka. Beberapa hari kemudian, serangan-serangan lain mulai terjadi di rumah-rumah yang berbeda. Korban-korban yang diserang juga mengalami gejala-gejala yang sama dengan Kearney. Beberapa di antaranya bahkan melihat sosok pria yang membawa alat semprot atau tabung gas di dekat jendela atau pintu rumah mereka. Namun, tidak ada yang bisa mengidentifikasi wajah atau ciri-ciri pria tersebut.


Polisi mulai melakukan penyelidikan dan mengejar pelaku. Mereka menduga bahwa pria tersebut adalah seorang ilmuwan gila yang sedang melakukan eksperimen dengan gas beracun. Mereka juga menduga bahwa pria tersebut memiliki motif balas dendam atau kebencian terhadap warga Mattoon. Namun, mereka tidak bisa menemukan bukti atau petunjuk yang kuat untuk menangkapnya. Mereka juga tidak bisa menentukan jenis gas yang digunakan oleh pria tersebut. Beberapa ahli kimia yang dimintai bantuan mengatakan bahwa gas tersebut mungkin mengandung karbon tetraklorida, kloroform, atau aseton, yang bisa menyebabkan gejala-gejala yang dialami oleh korban.

Misteri Terpecahkan?
Serangan-serangan ini berlangsung selama dua minggu dan mengakibatkan 25 orang menjadi korban. Namun, setelah tanggal 13 September 1944, serangan-serangan ini berhenti dan tidak pernah terjadi lagi. Pria misterius yang disebut Mad Gasser of Mattoon tidak pernah tertangkap atau terlihat lagi. Apa yang sebenarnya terjadi?


Ada beberapa teori yang mencoba menjelaskan fenomena ini. Salah satunya adalah: 
  • Teori psikologis yang mengatakan bahwa serangan-serangan ini adalah hasil dari histeria massal yang dipicu oleh berita tentang serangan pertama. Menurut teori ini, warga Mattoon yang sudah tegang karena Perang Dunia II menjadi paranoid dan mudah terpengaruh oleh sugesti. Mereka mulai mengalami gejala-gejala yang mirip dengan korban pertama karena membayangkan adanya gas beracun di sekitar mereka. Teori ini didukung oleh fakta bahwa tidak ada bukti fisik atau medis yang menunjukkan adanya gas beracun yang digunakan oleh pelaku.
  • Teori kriminal yang mengatakan bahwa serangan-serangan ini adalah hasil dari aksi seorang atau beberapa orang yang ingin membuat kekacauan di kota Mattoon. Menurut teori ini, pelaku-pelaku ini menggunakan gas beracun yang bisa dibuat dengan mudah dari bahan-bahan yang tersedia di pasaran. Mereka memilih rumah-rumah yang acak dan menyerangnya dengan alat semprot atau tabung gas yang mereka bawa. Mereka kemudian melarikan diri sebelum polisi datang. Teori ini didukung oleh fakta bahwa ada beberapa saksi mata yang melihat sosok pria yang membawa alat semprot atau tabung gas di dekat rumah-rumah yang diserang.
  • Teori paranormal yang mengatakan bahwa serangan-serangan ini adalah hasil dari kekuatan gaib yang tidak bisa dijelaskan oleh ilmu pengetahuan. Menurut teori ini, pria misterius yang disebut Mad Gasser of Mattoon adalah seorang hantu, alien, atau makhluk lain yang memiliki kemampuan untuk mengeluarkan gas beracun dari tubuhnya. Mereka menyerang warga Mattoon dengan alasan yang tidak diketahui. Teori ini didukung oleh fakta bahwa tidak ada jejak fisik atau sidik jari yang ditinggalkan oleh pelaku.
Kesimpulan
Mad Gasser of Mattoon adalah salah satu misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini. Tidak ada yang tahu siapa sebenarnya orang yang melakukan serangan-serangan ini dan apa motifnya. Apakah dia adalah seorang ilmuwan gila, seorang penjahat, atau seorang makhluk gaib? Apakah dia benar-benar ada atau hanya hasil dari imajinasi warga Mattoon? Apakah dia masih hidup atau sudah mati? Pertanyaan-pertanyaan ini mungkin tidak akan pernah terjawab. Yang pasti, Mad Gasser of Mattoon telah menjadi salah satu legenda urban yang paling menarik dan menyeramkan dalam sejarah Amerika.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar