Monolit Misterius di Wales: Penjaga Sunyi di Puncak Hay Bluff

Tidak terhalang oleh cuaca yang mengerikan, Craig Muir berangkat dari rumahnya di Hay-on-Wye, Powys, Wales, pada Selasa pagi. Dengan penuh keberanian melanjutkan pendakian rutinnya ke Hay Bluff, ia terpukau pada pemandangan yang tidak terduga—sebuah objek besar yang berkilauan dan jelas merupakan sesuatu yang baru.

Di sana, terpampang di kejauhan—sebuah monolit perak yang berdiri sendiri, menonjol seperti penjaga. Kehadirannya merupakan misteri, tanpa petunjuk asal usul atau tujuannya di tempat itu. Seolah-olah muncul dari ketiadaan, menangkap rasa ingin tahu dari siapa saja yang melihatnya.

"Seperti hadiah dari angkasa," ucap Mr. Muir dalam percakapan telepon di hari Selasa, menggambarkan kemunculan objek tersebut secara tiba-tiba.
Monolit misterius itu dengan cepat menjadi pusat perhatian, menggema keingintahuan global yang ditimbulkan oleh struktur misterius serupa yang muncul di seluruh dunia pada akhir tahun 2020.
"Dia berspekulasi itu mungkin sebuah usaha seni," Mr. Muir merenung. "Bagi mata yang tidak terlatih, itu bisa dianggap sebagai peninggalan luar angkasa—mungkin karya dari U.F.O.," tambahnya dengan nada gurau.
Mr. Muir menggambarkan lokasi monolit tersebut sebagai wilayah terpencil, belum tersentuh dan terisolasi. Meskipun medan tersebut tidak memiliki jalur yang jelas, sepasang jejak kaki menunjukkan adanya pengunjung baru-baru ini datang ke lokasi misterius ini.

Mr. Muir, bertanya-tanya apakah dia adalah orang pertama yang menyaksikan struktur yang menarik itu.


Pada usia 37 tahun, Craig Muir yang berprofesi di bidang pertukangan menggambarkan monolit tersebut sebagai sosok yang mengesankan, dengan ketinggian sekitar 3 meter dan lebar setiap sisinya sekitar setengah meter. Kedalaman monolit di bawah tanah masih menjadi misteri, menambah daya tarik misterius monolit tersebut.
Menyebutnya sebagai “monolit yang sempurna,” Mr. Muir berkata itu “persis seperti yang ada di Mesir” namun “terbuat dari baja, dan sama sekali tidak ada tanda-tanda di atasnya.”
Monolit tersebut tampaknya dibuat dari baja yang digunakan untuk alat bedah medis, katanya, menambahkan bahwa dia tidak berpikir itu adalah aluminium karena “terlalu banyak kilauannya.”
“Saya akan bilang itu seperti baja bedah karena jelas siapa pun yang membuatnya tidak ingin itu berkarat,” kata Mr. Muir,
Monolit tersebut harus memiliki bobot tertentu karena sama sekali tidak bergerak meskipun anginnya kencang. Dia juga menggambarkannya sebagai “benda yang sangat, sangat halus, sangat mengkilap, dengan tepian yang sangat tajam.”

Berasal dari keluarga pengelas dan pembuat logam, Mr. Muir yang sering berkecimpung dengan logam, menyatakan pendapat profesionalnya bahwa siapapun yang membuatnya telah melakukan "pekerjaan yang sangat bagus."
"Tidak ada tanda las yang jelas," katanya. "Itu sangat, sangat rapi."
Ternyata, Mr. Muir bukanlah satu-satunya orang yang melihatnya. Richard Haynes, yang berbicara kepada WalesOnline, mengatakan bahwa ia telah melihat objek tersebut saat berlari di Hay Bluff.
"Saya pikir itu terlihat agak aneh dan mungkin merupakan sesuatu yang berkaitan dengan penelitian media ilmiah yang mengumpulkan air hujan," katanya.
Monolit Wales ini hanyalah salah satu dari objek-objek tersebut yang tiba-tiba, hampir secara ajaib, muncul.

Selama beberapa bulan yang aneh di masa pandemi, fenomena seperti yang terjadi di Wales tampaknya muncul di mana-mana. Seperti di Utah Monolit yang pertama muncul pada November 2020 di sebuah lembah terpencil di Red Rock Country. Meskipun yang itu dibongkar di secara rahasia pada malam hari, lalu Monolit lainnya terus bermunculan di California, Rumania, dan Turki.

Orang-orang secara luas menyebut mereka monolit, karena mereka besar dan murni serta muncul di tempat-tempat yang mengejutkan, seperti halnya dalam “2001: A Space Odyssey,” meskipun tanpa aura misteri dan ketakutan yang sama. 


Dalam beberapa kasus, orang mengaku sebagai penciptanya. Beberapa orang lain mencarinya, mencari pengalaman metafisik yang aneh untuk menyaingi yang ada di film. Namun kebanyakan, orang mengambil foto dengan ponsel dan membuat lelucon di internet.

Hay Bluff, yang menghadap kota Hay-on-Wye, adalah bukit yang terletak di dalam Taman Nasional Bannau Brycheiniog, yang hingga tahun lalu lebih dikenal sebagai Taman Nasional Brecon Beacons. Sayangnya, aturan baru inilah yang bisa membuat monolit ini lebih cepat hilang karena dilarang memasang dan menyimpan benda apapun di Taman Nasional tersebut tanpa izin pengelola setempat.

sumber: NY Times

Posting Komentar

0 Komentar